BAND SIMAENARIA LAHEWA

kopie_von_sim_1973

Band Simaenaria Lahewa

Link diatas memberi  info-info, lagu-lagu dan foto-foto dari Band Simaenaria, yang pada masa   thn 1972-1976  kelompok musik yang paling populer di Pulau Nias. Karena dari album-album yang  direkam dulu hanya  beberapa kaset original tertinggal di tangan kami, biar melalui situs ini diberikan kesempatan untuk didengar kembali lagu-lagu tempo dulu.  Berbagai lagu dari Band tsb bisa juga didengar di portal YOUTUBE  a.n. peserta “klaus sturm“…..

25 Tanggapan to “BAND SIMAENARIA LAHEWA”

  1. Band Simaenaria-lahewa merupakan bukti kejayaan lagu Nias di era 70-an dan akan dikenang sepanjang zaman. Semoga para musisi yang sekarang dapat meneruskan kejayaan itu. Bila perlu lagu nias dapat menjadi ke wilayah nusantara jika bisa go international.
    Terimaksih kepada Pastor Adelhelm (walau kami tidak tahu ada di mana sekarang), tapi jasamu begitu besar sebagai sponsor dari band simaenaria-lahewa, dan jasamu selalu kami kenang.
    Ya’ahowu

    • Terima kasih Sdr. Ben Zai atas komentar diatas serta kata salut kepada musisi Simaenaria, yang sayangnya sebahagian besar sudah almarhum.

      Kami yg masih hidup melihat senang sekali, bahwa berkat medium internet ini generasi musisi sekarang ini masih dapat merasakan sedikit dari “the original feeling ” of Nias-Pop-Music di tahun 1970-an.

      Salam dari Jerman

      Ya’ahowu

      K.S.

  2. apakah band itu masih aktip sampai sekarang

    • Seperti diuraikan diatas: Band Simaenaria membubarkan diri akhir tahun 1976. Sekarang sudah sebahagian besar dari anggotanya telah mendahului kita ke sisi Tuhan dan mencapai status Almh.

  3. Kasinudin Waruwu (Ama Jesslyn) Says:

    Yahowu fefu banuagu Tano Niha (ira ama/ina ga’a akhigu fefu) memang grup musik yang telah terbentuk di era 70-an dan sebenarnya itu membuktikan bahwa pemuda/pemudi nias sangat potensial, sehingga boleh kita katakan mereka ini adalah sebagai perintis grup musik-musik di nias dan banyak mereka, walaupun mereka sebagian sekarang sudah almarhum tapi tetap kita kenang hasil karya mereka sampai saat ini yang kadang masyarakat yang ada diperantauan ini merasa sedih dan seakan sedang berada di nias, namun karena jaman udah semakin maju lagu2 nias yang dihasilkan sekarang ini agak sebagaian udah terpengaruh oleh pengaruh musik lain dan saya yakin bisa diciptakan suasana yang mengahrumkan nama nias ke pelosok nusantara bahkan internasional terutama dalam hal ciri khas budaya. Majulah komponis2 muda yang potensial kembangkan idemu bersama dengan kemajuan teknologi dunia maya, pasti Tuhan akan memberkati GBU

  4. senang sekali rasanya mendengar dan melihat kembali sejarah yang sesungguhnya tentang sebuah lagu yang berjudul ‘MEFONA ME’IDE-IDEDO” tapi untuk saat ini banyak sekali lagu yang judul serta syair dari lagu ini yang dinyanyikan oleh vokalis dari nias yang rupanya bukan dari hasil karya mereka pada kenyataannya. apakah memang hal itu berkenaan…sorry kalau sedikit meleset pembicaraannya. namun itu sebuah keprihatinaanku secara pribadi kepada lagu tua ini..salam dari saya ya’ahowu lahewa

    • Memang benar keprihatinan Sdr.ERwin. Walaupun sangat bagus, kalau digemari sesuatu lagu dan sering dinyanyikanya, toh kita sebagai musisi perlu memperhatikan hak cipta dan menghormati nama pencipta lagu tsb, biarpun orangnya sudah meninggalkan kita.
      Salam A.K.S.

  5. lagu nya bagus — dan enak didengar,,,.kolaborasi nya perfect

  6. Victor Iman Lase Says:

    senang rasanya mengenang ke jayaan masyarakat lahewa pada tahun 70an melalui tarik suara, kami rindu, kapan lagi ada BAND SAMAA’ERI generasi berikutnya yang bisa mempopulerkan nama lahewa melalui tarik suara seperti BAND SAMA’ERI pada tahun 70an. Semoga kerinduan kita bisa lahir kembali di kemudian hari.

  7. ya’ahowu fefu banuada…
    saya sangat terkesan dengan lagu band simanaria…bagaimana cara saya mendownload lagu simaenaria band salah satu judul nya angi bara lawi simate niha.. klau ada tolong dunk di send di email saya dj_d3ll@yahoo.com
    sebeleum nya saya berterimakasih

  8. nias pasti bisa

  9. Selatieli Zendrato Says:

    Band Simaenaria Lahewa merupaka suatu peninggalan sejarah d Kab. Nias Utara khusus nya di Lahewa. Jadi kita merasa terharu atas hasil-hasil yang dicapai Band Simaenaria Lahewa tersebut.
    Maka Kita sebagai generasi penerus mempunyai beban moral untuk meneruskan hasil kreasi tersebut.
    Smoga Lahirlah generasi penerus yang berikutnya….
    Yaahowu…..

  10. Ya’ahowu kake A. kristofel, yao calvary zendrato salah satu ono personil Band Simaenaria Lahewa. Luar biasa usaha kake ba band simaenaria n sangat luar biasa. amien

  11. Hemat Zagoto Says:

    Band Simaenaria adalah Sejarah Perkembangan Musik di P.Pulau Nias. Dalam keterbaasan teknologi dan alat yang dimiki mereka dapat melahirkan abum album yang populer di masanya. Dan boleh dibilang rekaman pertama di P. Nias. Diluar Lahewa sebenarnya di Telukdalam Nias Selatan juga ada group band bernama Laria Nada dengan personel Bahari Zagoto, Ferry . Sikao. Band ini hanya dikenal di seputar Nias Selatan karena tidak mengeluarkan album seperti Band Simaenaria.

    Saya sangat kagum dan hormat kepada Bapak Kristofell yang masih menyimpan kaset originanya sampai sekarang dengan masa waktu puluhan tahun sehingga kami di Nias dan di perantauan dapat menikmati kejayaan musisi Nias di era 70 an.

    Sesungguhnya Bapaklah pahlawanya yang memberi ide dan semangat kepada musisi musisi Nias yang pada waktu itu belum tau cara mengembangkan bakat musik yang mereka miliki

    • Ya’ahowu, Sdr. H. Zagötö,

      terima kasih atas komentar mengenai projek Band Simaenaria yg telah menjadi sejarah. Dan memang sudah kami ingatkan, bahwa band Nias yg pertama memakai alat elektronis adalah Band di Teluk Dalam . Namanya pertama adalah “The Teluk Dalam Beach Boys” yg kemudian ditukar namanya menjadi “Laria Nada”. Band inipun berdiri dulu atas sponsoring kami waktu itu. (MengenaI sejarah lagu2 pop Nias masa tahun 70-an silahkan baca: https://siturimo.wordpress.com/2009/11/07/lagu-nias-nostalgia/)
      Apakah Sdr.2 Bahari, Ferry, dan Sikao masih hidup? Semoga..

      Salam kangen

      AKS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: